Rasa Bawang Goreng Palu, Hanya Satu Dua di Dunia

Posted by

aginamo bawang goreng palu
Dibalik cuaca Lembah Palu yang didominasi panas. Bahkan, karena hawa panas itu, berkembang anekdot ditengah kalangan anak muda, utamanya pada tengah hari “Kalau abis jalan-jalan dari neraka tolong tutup ulang pintu, panas...”.

Namun, dibalik itu semua, terdapat keunikan daerah ini di bidang pertanian, selain nangka, anggur, sarikaya, terdapat satu varietas unggulan yang konon hanya ada di Lembah Palu, yakni Bawang Goreng Palu atau masyarakat menyebutnya dengan Bawang Batu

Sebenarnya cukup banyak ulasan beredar di dunia maya tentang Bawang Goreng Palu, yang memiliki keunggulan aroma wangi yang tajam, rasa yang lebih gurih dan renyah serta mampu bertahan hingga hitungan tahun tanpa pengawet.

Ciri fisik Bawang Goreng Palu adalah, bentuk dan ukurannya yang lebih kecil dari bawang goreng pada umumnya, warna lebih pucat, kemudian dengan kandungan air yang lebih rendah.

Meski banyak ditanam di areal persawahan, kualitas bawang goreng palu akan jauh lebih tinggi ketika ditanam di area perbukitan.

Cukup banyak usaha rumahan yang secara ekonomis berhasil, dan salah satu yang telah ikon Bawang Goreng Palu adalah Mbok Sri, bahkan panggilan ini  wanita asal Yogyakarta ini telah jadi brand untuk bawang goreng dan aneka produk olahannya, seperti abon sapi, abon ikan dan lainnya.

Mbok Sri yang telah berumur 60 tahun dan beralamat di Jalan Mutiara Palu Selatan, hingga saat ini telah mempekerjakan karyawan 30 orang dengan sekitar . Dari usaha yang dia rintis sejak sekitar 16 tahun silam ini, Mbok Sri juga berhasil merampungkan pendidikan anak-anaknya hingga perguruan tinggi ternama disejumalh daerah di Jawa.

Selain Mbok Sri, ada juga pengusaha bawang goreng lainnya, yakni Mas Kardi  beralamat di Jalan Kartini Kompleks perumahan Dinas Pertanian Sulawesi Tengah, bahkan saat ini pengusaha Bawang Goreng Palu juga terus bertambah seiring kian populernya kuliner ini sebagai salah satu oleh-oleh khas palu.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Aginamo Updated at: 05:25:00

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan

Hosting Indonesia

Arsip Blog

Powered by Blogger.