Dasar-Dasar Jurnalistik (3), Komponen Apa Sajakah Dalam Jurnalistik?

Posted by


Pada tulisan sebelumnya, kita telah membahas tentang pengertian jurnalistik. Selanjutnya kita akan membahas tentang komponen-komponen apa saja yang ada dalam dunia jurnalistik.

1.    Informasi

Informasi, bisa masih berupa isu yang belum jelas, yang memang jadi tugas wartawanlah untuk memperjelas isu tersebut melalui  reportase/liputan. Untuk mendalami isu, wartawan harus melakukan persiapan-persiapan, mulai dari menyiapkan daftar pertanyaan, menentukan narasumber hingga alat kerja pendukung, missal kamera, catatan, hingga alat rekam audio.

Dalam proses reportase, wartawan harus mematuhi sejumlah ketentuan sesuai dengan karakter informasinya, seperti disiplin klarifikasi, berimbang yang terpenting adalah semua yang diatur dalam kode etik.

2.    Penyusunan informasi

Setelah memperoleh kejelasan dan penjelasan dari informasi, selanjutnya tugas wartawan adalah menyusun informasi tersebut menjadi naskah berita, bisa dalam bentuk berita langsung atau straight News/Spot News/Hard news. Akan dibahas dalam tulisan selanjutnya.

3.    Penyebarluasan informasi

Selanjutnya, usai melalui proses editing sesuai dengan jenis media massa tempat wartawan bekerja oleh redaktur atau editor, naskah berita disiarkan atau disebarluaskan melalui media massa, cetak, eletronik atau online/siber.

4.    Media massa.

Seperti sudah disinggung pada komponen jurnalistk sebelumnya, media massa secara umum terbagi atas tiga, media cetak, media eletronik, siber/online.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah informasi yang beredar di media sosial termasuk karya jurnalistik?. Jawabannya bisa “YA” tetapi bisa juga “BUKAN”.

Informasi yang berkembang di media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, bisa dikatakan karya jurnalistik jika akun di media sosial penyampai berita merupakan media mainstream, dalam artian akun tersebut resmi milik media resmi berbadan hokum, dan informasi yang disebarkan benar hasil kerja jurnalistik.

Informasi di media sosial tidak bisa disebut karya jurnalistik atau berita, jika akun penyebar berita adalah perorangan, meski kadang informasi yang disampaikan benar adanya. Sebab, untuk bisa disebut karya jurnalistik harus memenuhi beberapa ketentuan, missal narasumber yang jelas, berimbang, dan obyektif.

Lantas, bagaimana jika informasi di media dengan domain premium? InshaAllah akan dibahas pada tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Aginamo Updated at: 10:20:00

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan

Hosting Indonesia

Arsip Blog

Powered by Blogger.