Sekilas Fakta dan Cerita Tentang Kelor (tulisan 2)

Posted by

aginamo sayur kelor palu
Dibalik kelezatan kuliner khas Lembah Palu, Sayur kelor atau Uta Kelo, terdapat mitologi atau mungkin sekedar anekot yang cukup menarik.

Misal, di Palu dan sekitarnya ada ungkapan bahwa orang asal Jawa  yang telah makan Sayur Kelor , maka dia tidak akan bisa pulang ke Jawa lagi. Konon orang jawa yang telah makan sayur kelor, meski telah pulang ke Jawa dia tetap akan kembali ke Palu, karena dia akan selalu ingat dan ingin kembali ke daerah ini.

Tidak jelas sejak kapan ungkapan ini berkembang di tengah masyarakat Palu. Tetapi wajar, sebab bagi sebagian masyarakat sejumlah daerah di jawa, salah satunya di Kabupaten Blitar – Jawa Timur tumbuhan kelor merupakan pantangan bagi ilmu kedigdayaan yang dimilikinya, misal ilmu kebal, susuk bertuah dan lainnya.

Namun, sejumlah daerah lainnya di Jawa Timur, diantaranya juga gemar memasak buah kelor menjadi kuah asam, diantaranya daerah Bojonegoro dan sebagian masyarakat Lamongan.

Meski Sayur Kelor ini begitu dekat dengan kehidupan masyarakat Palu, fakta secara sains yang cukup menggelitik justru datang dari International Conference of Young Scientis (ICYS) tahun 2010 di Bali, oleh Dwiki Rendra G.S. yang saat itu masih berusia 16 tahun dan tercatat sebagai salah satu siswa Kelas XI SMA Theresiana 1 Semarang Jawa Tengah.

Pada ajang bergengsi tersebut, Dwiki berhasil menyabet medali emas berkat temuannya tentang fakta, bahwa daun kelor memiliki kandungan zat besi dan zat lainyya yang bermanfaat tinggi bagi tubuh manusia.

Hal menarik lainnya, sebuah blog pribadi http://sbelen.wordpress.com menulis tentang cerita tentang rahasia Timnas sepakbola Amerika Latin tahun 70-an, dimana untuk menjaga dan meningkatkan stamina pemain diwajibkan mengkonsumsi olahan Kelor. Bukan sayur bayam sebagaimana Popeye.
Nah, Anda berani coba Uta Kelor. Silahkan datang ke Palu..




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Aginamo Updated at: 05:22:00

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan

Hosting Indonesia

Arsip Blog

Powered by Blogger.